Noise Monitoring System

Environmental Monitoring

Norsonic menawarkan berbagai macam solusi untuk monitoring kebisingan lingkungan. Mulai dari Noise Monitoring Terminal (NMT) yang independen dengan akses lokal maupun jarak jauh, hingga skala besar yang mencakup beberapa NMT yang dihosting, disertai otomasi yang dapat mengirim laporan harian dengan data kebisingan dan meteorologis ke pelanggan.

Bagi pelaku yang berperan dalam aktivitas yang bising, memiliki peringatan yang tanggap saat tingkat kebisingan terlalu tinggi merupakan suatu kebutuhan. Contoh, seorang teknisi suara di konser outdoor dapat mengurangi volume secara langsung jika mendapat peringatan dari NMT bahwa tingkat bising di daerah sekitarnya melebihi batas daerah tersebut. Peringatan ini dapat dikirim melalui email atau SMS dengan info terkait lokasi, durasi, dan tentunya tingkat suara terukur.

Untuk mengidentifikasi dengan teliti penyebab bising, sistem ini memiliki pemicu yang dapat memulai perekaman audio, video, maupun keduanya. Data ini kemudian dapat diakses dari jarak jauh dengan kualitas mendekati realtime untuk identifikasi sumber secara tanggap, atau dapat diputar ulang kemudian saat pemrosesan data. Rekaman video dapat menjadi bukti yang kuat dalam identifikasi sumber bising, semisal dari orang lain, kendaraan, dan sebagainya.

Kabel terkoneksi ke kotak sistem melalui pembungkus kabel tahan cuaca. Ini merupakan solusi yang fleksibel tanpa perlu membuat konektor yang tahan cuaca. Solusi tanpa konektor eksternal lebih baik untuk mencegah koneksi yang buruk atau tidak stabil.

Terdapat beberapa standar nasional maupun internasional yang merekomendasikan bagaimana bising dari sumber yang berbeda-beda dapat dibedakan melalui pengukuran. Bising lalu lintas, kereta, bandara, dan pembangkit tenaga angin semua memiliki standar masing-masing. Standar ini biasanya menjelaskan dengan detail bagaimana pengukuran harus dilakukan disertai kondisi cuaca yang sesuai.

Standar internasional untuk pengukuran bising lingkungan

  • ISO 1996 – Deskripsi, Pengukuran, dan Asesmen Bising Lingkungan
  • ISO 3891 – Prosedur untuk menjelaskan bising pesawat yang terdengar di permukaan tanah
  • ISO/DIS 20906 – Akustik – Monitoring tanpa Pengawasan untuk Suara Pesawat di Sekitar Bandara (Standar dalam persiapan)
  • ISO 3095 – Aplikasi Perkeretaapian – Akustik – Pengukuran Bising dari Kendaraan dengan Rel
  • IEC 61400-11 Amandemen 1 – Sistem generator turbin angin – Bagian 11: Teknik Pengukuran Bising Akustik

Untuk spek mendetail, silahkan menuju link ini