Tips Memilih Properti (Apartemen dan Rumah) dari Sudut Pandang Kebisingan

By Februari 1, 2019Uncategorized

Umumnya, setidaknya sekali di dalam hidup kita, kita akan berhadapan dengan memilih properti; Baik menyewa atau membeli untuk ditinggali, untuk diinvestasikan, disewakan dan sebagainya. Dari sudut pandang akustik dan kebisingan, terdapat beberapa hal yang dapat kita lakukan terkait pemilihan properti. Berikut uraiannya:

Apa saja yang harus diperiksa sebelum membeli properti?

  1.  Periksalah sumber bising yang sudah ada saat Anda akan membeli properti yang berasal dari luar. Jika properti yang akan Anda beli berada di perkotaan, umumnya kebisingan berasal dari kegiatan transportasi dan aktivitas manusia lainnya. Periksalah apakah properti tersebut dekat dengan jalan raya, rel kereta, bandara, tempat konser, kegiatan industri, dan lainnya. Jika ya, Anda dapat memeriksa apakah insulasi suara dari jendela dan pintu sudah mencukupi agar rumah Anda nyaman nantinya. Jika bangunan belum dibangun, Anda harus memikirkan bagaimana cara agar kebisingan tersebut memiliki dampak minimum terhadap tempat tinggal Anda. Jika Anda berencana membeli apartemen, Anda juga perlu mempertimbangkan insulasi antar ruangan. Tentunya Anda tidak ingin mendengar kebisingan yang ditimbulkan oleh tetangga sebelah Anda.
  2.  Periksalah sumber bising dari dalam properti Anda. Sumber-sumber bising tersebut biasanya ditimbulkan oleh peralatan di dalam rumah seperti AC, kulkas, pompa, saluran air, hujan dan sebagainya. Jika terdapat sumber kebisingan yang terlalu mengganggu, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggantinya. Akan tetapi, tidak semua sumber bising mudah untuk diganti. Contohnya sistem perpipaan yang menimbulkan bising (misalnya suara flush dapat terdengar di lantai satu saat kamar mandi di lantai dua digunakan), membutuhkan waktu dan dana untuk memodifikasi hal tersebut. Hal tersebut dapat menjadi pertimbangan tambahan dalam Anda memilih properti dan juga dalam melakukan negosiasi harga dengan pemilik properti.
  3. Perikirakan sumber bising yang mungkin timbul di masa depan. Beberapa kemungkinan adalah, jika di dekat properti yang akan Anda beli terdapat tanah kosong yang akan dibangun dalam beberapa waktu ke depan, kemungkinan Anda akan terpapar oleh kebisingan dari aktivitas konstruksi yang akan dilakukan. Kemungkinan lainnya, jika Anda membeli apartemen dan unit disebelah Anda kosong, sangat memungkinkan di waktu mendatang unit tersebut akan terisi. Anda perlu memeriksa apakah insulasi antar unit cukup baik. Periksalah juga rencana pembangunan infrastruktur di masa depan seperti jalan tol, kereta, bandara dan sebagainya sebelum Anda memutuskan.
Apa yang harus dilakukan jika tempat tinggal saya sekarang bising?
 
Jika Anda sudah terlanjur membeli properti dan Anda merasa bahwa tempat tinggal Anda terlalu bising, Anda memiliki beberapa opsi yang dapat Anda pertimbangkan:
  1.  Jika Anda dapat mengurangi sumber kebisingan, maka hal tersebut bisa menjadi salah satu opsi. Misalkan sumber kebisingan adalah tetangga Anda di unit apartemen sebelah. Anda dapat mengajak tetangga Anda berbicara dan memberitahukan bahwa Anda merasakan kebisingan akibat aktivitas yang dilakukan tetangga Anda. Jika sebetulnya kebisingan yang ditimbulkan tetangga Anda masih dalam batas wajar (misalnya menonton televisi dengan suara yang wajar, tetapi masih tetap terdengar keras di unit Anda), maka ada baiknya Anda memberitahukan managemen apartemen Anda. Anda juga dapat memberikan review terkait hal tersebut dan memberitahukan ke kerabat Anda agar lebih memperhatikan aspek kebisingan dalam memilih properti.
    Jika sumber bising adalah peralatan elektronik atau mekanik, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggantinya, atau melakukan modifikasi.
  2. Jika sumber suara tidak dapat dikurangi, Anda dapat melakukan perubahan pada jalur perambatan suara. Misalkan jika suara dari lalu lintas sangat keras terdengar di dalam rumah Anda, Anda dapat memperhatikan apakah terdapat celah pada pintu dan jendela. Jika terdapat celah, Anda dapat mempertimbangkan untuk menutup celah tersebut menggunakan weather strip, sealant dan sebagainya yang memungkinkan untuk dilakukan pada kasus Anda.
  3. Jika sumber suara dan perambatan tidak ingin Anda modifikasi, Anda dapat melakukan masking pada ruang penerima. Misalkan tidur Anda terganggu saat mendengar suara sepeda motor lewat di depan rumah Anda, Anda dapat menyalakan suara di dalam kamar, dapat berupa white noise, suara air, suara jangkrik dan sebagainya sehingga saat motor lewat, suara tersamarkan dan gangguan dapat diminimalisir.