Apakah Anda Stres di Tempat Anda Bekerja?

Apakah Anda stres di tempat Anda bekerja? Coba hitung, berapa kali Anda menutupi telinga Anda ketika sedang bekerja? Tanpa disadari, Anda mungkin stres karena lingkungan kerja yang bising. Selain memicu stres, hal tersebut dapat mengurangi tingkat produktivitas kerja. Tentu ini sangat berbahaya bagi kesehatan dan juga dapat berdampak pada bonus akhir tahun Anda?

Mari kita ingat, seberapa bisingkah lingkungan tempat Anda bekerja dengan memerhatikan alat-alat di bawah ini:

  • Mesin fotokopi
  • Nada dering telepon
  • Komputer
  • Pendingin udara
  • Suara-suara dari luar gedung perkantoran (truk, pesawat, kebisingan jalan raya, konstruksi terdekat)
  • Tertawa/berbicara
  • Gosip tentang bos
  • Gosip tentang rekan kerja yang tidak diundang ke WhatsApp Group

Itu adalah sumber kebisingan umum yang mungkin berkontribusi terhadap kebisingan di sekitar Anda. Kita harus ingat bahwa perbedaan antara kebisingan dan suara (biasa) sangat subyektif. Penilaian ini akan berbeda untuk setiap orang dan bergantung pada situasi.

Grafik di bawah ini menunjukkan level tingkat kebisingan, 50 desibel akan bagus untuk lingkungan kerja, paparan untuk tingkat kebisingan yang lama di atas 80 desibel akan merusak pendengaran Anda secara permanen.

How Loud is Too Loud – Geonoise Asia

Setelah melihat grafik, mari kita perkirakan berapa besaran desibel yang harus Anda tanggung setiap hari? Katakanlah Anda bekerja di lingkungan kantor yang berisik, umumnya tingkat kebisingan dapat mencapai 90 desibel karena akumulasi berbagai suara seperti tawa, teriakan, nada dering, dll. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklaim bahwa paparan kebisingan dapat menyebabkan stres, kecemasan, depresi, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Selain itu, suara keras akan merusak struktur sensitivitas telinga bagian dalam serta menyebabkan gangguan pendengaran karena kebisingan atau Noise-Induced Hearing Loss (NIHL).

Kerusakan karena paparan kebisingan akan berdampak secara bertahap; Anda mungkin tidak merasakan tanda-tanda tersebut atau justru cenderung mengabaikannya sampai tanda-tanda tersebut benar-benar mengganggu Anda. Berikut adalah gejala dari NIHL:

  • Suara menjadi terdistorsi atau teredam
  • Anda tidak dapat mendengar atau memahami pembicaraan dari jarak 1 meter atau lebih jauh
  • Anda harus meningkatkan volume sumber suara lebih dari yang dapat didengarkan oleh orang lain agar orang lain bisa mendengar sebaik mungkin

Apakah Anda merasakan seluruh gejala tersebut?

Hubungi segera bantuan profesional! Jika Anda tidak memiliki gejala tersebut, selamat, Anda masih memiliki pendengaran yang baik. Tapi itu tidak menjamin Anda akan terbebas dari NIHL.

Berikut adalah tips agar tetap fokus di lingkungan kerja yang bising dan dapat membantu Anda terhindar dari NIHL:

  1. Bawa earplugs ke tempat kerja!

Mengenakan earplug dapat membantu Anda mengurangi kebisingan sebanyak 18-34 desibel. Harga earplugs angat variatif bergantung pada model/merek earplug yang Anda miliki. Dengan memblokir/mengurangi kebisingan sejumlah itu, Anda masih dapat mendengar suara di sekitar Anda.

  • Anda mungkin ingin mencoba Noise Cancelling Headphones?

Alat ini didesain untuk menjaga Anda agar terhindar dari kebisingan. Jika Anda menggunakan ini di kantor, alat ini tidak hanya akan membantu Anda memblokir kebisingan di sekitar Anda tetapi juga akan membuat musik yang Anda dengarkan jauh lebih baik daripada menggunakan headphone pada umumnya. Harganya berkisar antara ratusan ribu rupiahhingga jutaan rupiah. Ini adalah investasi yang sangat baik!

  • Istirahat!

Ketika kebisingan di sekitar Anda terlalu banyak untuk ditangani, biarkan telinga Anda istirahat! Ini memberi Anda waktu yang lama untuk pulih dari suara yang membuat stres dan tindakan ini juga merupakan cara yang paling mudah untuk mencegah kerusakan telinga.

Tidak satu pun tips di atas bekerja untuk Anda? Silakan hubungi acoustical consulting service kepercayaan Anda. Mereka akan membantu Anda menemukan solusi terbaik untuk masalah Anda.