Efek Tanaman dapat mengurangi kebisingan

Cara yang dibutuhkan sebagian besar pekerja untuk menyelesaikan tugas telah secara signifikan mengubah cara perusahaan menggunakan ruang mereka. Ruang yang tenang dibutuhkan untuk pekerjaan yang mendalam dan terfokus. Ruang rapat dan ruang kolaborasi yang didukung teknologi digunakan untuk rapat yang produktif. Idealnya, sebuah kantor dirancang sedemikian rupa sehingga memungkinkan anggota tim untuk melakukan pekerjaan terbaik mereka.

Sayangnya, mungkin sulit untuk memastikan desain mencakup semua aspek ini. Akibatnya, desainer dan arsitek masih sering harus meninggalkan ruang untuk bilik dan ruang kantor terbuka, faktor yang berkontribusi besar terhadap tingkat kebisingan secara umum.

 

Tahukah kamu? Menanam pohon di rumah atau kantor Anda tidak hanya membantu mendinginkan suhu internal, meningkatkan oksigen di udara memberikan rasa segar, dan membantu bersantai saja. Tapi tanaman juga bisa MEMBANTU MENYERAP KEBISINGAN!

Salah satu cara kreatif untuk memerangi kebisingan kantor dan membawa elemen biofilik ke dalam desain adalah dengan menggabungkan tanaman dan tanaman hijau ke dalam ruang. Penelitian telah menunjukkan bahwa tanaman dan dinding hijau hidup adalah cara yang efektif untuk menyerap polusi suara dan kebisingan.

Di luar kualitas penyerap suara, tanaman dan elemen biofilik dapat membantu meningkatkan kesejahteraan pekerja secara keseluruhan. Akses ke elemen alami seperti tanaman hijau, cahaya alami, dan tekstur organik telah terbukti meningkatkan produktivitas karyawan dan mengurangi ketidakhadiran. Tanaman telah ditemukan sebagai penguat suasana hati dan pereda stres bagi anggota tim, yang pada gilirannya dapat membantu meningkatkan laba majikan.

Apakah Tumbuhan Membantu Menyerap Suara?

Ada sedikit penelitian tentang masalah ini, tetapi jawaban singkatnya adalah ya. Sifat fleksibel dan keropos dari tanaman rumah dalam ruangan bertindak sebagai peredam suara alami. Ada tiga cara agar tanaman rumah dapat mengurangi suara di rumah atau kantor Anda: defleksi, penyerapan, dan pembiasan.

Kebanyakan orang tidak memahami manfaat penyerapan suara tanaman hias. Namun, mereka benar-benar membantu dengan penyerapan suara.

Bagaimana Tanaman Mengurangi Tingkat Kebisingan Dalam Ruangan?

Seperti disebutkan di atas, tanaman mengurangi tingkat kebisingan melalui tiga metode berbeda: defleksi, penyerapan, dan pembiasan.

  • Defleksi – Gelombang suara cenderung memantul di sekitar permukaan yang keras. Dari situlah semua suara tambahan itu berasal. Dinding kaku dan akan memperkuat suara, sementara tanaman fleksibel dan membantu mematikan suara dengan memecah gelombang suara menjadi bentuk energi lain.
  • Penyerapan – Tanaman sangat bagus dalam menyerap suara karena daun, cabang, dan kayu. Kayu adalah penyerap suara yang bagus. Pernahkah Anda berjalan melalui hutan dan kagum pada keheningan? Itu karena pepohonan menyerap semua kebisingan sekitar.
  • Pembiasan – Pembiasan menghilangkan gema suara yang memantul dari permukaan yang keras. Tanaman akan membantu untuk membiaskan kebisingan ini dan menghilangkan gema yang bertanggung jawab atas banyak kebisingan tambahan di rumah atau kantor Anda.

 

Tanaman dalam ruangan yang bekerja paling baik dalam menyerap suara seperti:

  • Pakis: memiliki banyak ruang permukaan untuk membantu mengurangi suara. Daunnya yang lebar menyebar dan menutupi area yang cukup luas.
  • Air Mata Bayi: Air Mata Bayi adalah tanaman lebat yang terlihat hampir seperti lumut. Tanaman ini memiliki cara menggantungkan dirinya di atas pot dan membuat peredam suara yang bagus saat diangkat dari tanah.
  • The Peace Lily: Peace Lily dapat menyerap beberapa suara dengan daunnya dan melakukan pekerjaan yang baik untuk memantulkan suara ke tanaman lain dan merupakan tanaman penyerap suara yang bagus yang dapat Anda letakkan di rumah Anda. Sifat penyerap kebisingan mereka yang sebenarnya ada di daunnya yang tebal dan lebar.
  • Tanaman Karet: Keindahan tanaman ini adalah seberapa besar ia bisa tumbuh. Tanaman karet menutupi area permukaan yang luas yang hanya berfungsi untuk meningkatkan sifat menyerap suara mereka.
  • Ara Daun Biola: Ara daun biola adalah tanaman lain dengan daun yang lebar dan tebal. Mereka bisa tumbuh tinggi, dan bentuk daun yang ditangkupkan menjadi penyerap suara yang efektif.

Reference :

พลังจากต้นไม้ ลดมลพิษทางเสียง

https://bettersoundproofing.com/best-sound-absorbing-indoor-plants/

https://www.workdesign.com/2020/03/the-top-sound-absorbing-plants-for-the-workplace/