SonoCat

SonoCat dari Soundinsight adalah perangkat yang mudah digunakan untuk mengukur tingkat tekanan suara, directivity 3D, dan koefisien absorpsi suara (sound absorption coefficient). Dengan menghubungkannya dengan komputer menggunakan USB, software SonoCat pada komputer dapat melakukan pengukuran. Komputer akan memperlihatkan parameter-parameter yang diukur pada domain frekuensi secara real-time dan pengukuran yang presisi dapat dilakukan. Data pengukuran disimpan pada format lossless yang kemudian dikompres sehingga dapat dianalisis baik secara real-time maupun setelah pengukuran. Hasil yang telah dianalisis dapat ditambilkan pada interface grafis dan dapat disimpat sebagai gambar dan diexpor sebagai text file.

  • Tingkat tekanan suara (Sound pressure level)
  • Plug-and-play
  • Tingkat intensitas suara (Sound intensity level)
  • Monitoring real-time
  • Arah intensitas suara (sound intensity direction)
  • Analisis secara langsung
  • Pengukuran koefisien absorpsi suara (sound absorption coefficient)
  • Penyimpanan data lossless terkompresi
Untuk melihat brosur SonoCat, klik disini

Pengukuran Tingkat Tekanan Suara

SonoCat terdiri dari mikrofon spherical multifungsi yang mampu mengukur tingkat tekanan suara (SPL) pada medan suara stasioner. Pembebanan A,C, dan Z dapat digunakan pada pengukuran menggunakan Sonocat

 

Pengukuran Intensitas Suara 3D

Pengukuran Intensitas Suara 3D dapat berguna untuk memetakan sumber suara. Misalkan pada sebuah mesin, dengan pengukuran intensitas suara 3D, dapat diketahui bagian mesin mana yang mengimisikan paling banyak suara.  

 Dengan desain sensor berbentuk bola pada SonoCat, pengukuran dapat dilakukan sehingga SonoCat tidak mengganggu medan suara yang diukur.

Pengukuran Koefisien Absorpsi di Lapangan (In-situ)

Dengan teknologi yang diterapkan pada SonoCat, pengukuran koefisien absorpsi di lapangan (in-situ) menjadi memungkinkan. Sejauh ini, metoda-metoda pengukuran koefisien absorpsi memiliki berbagai asumsi. Akibatnya, pengukuran harus dilakukan pada kondisi akustik terkontrol seperti pada ruang gema ataupun impedance tube.  Dengan SonoCat, material tidak perlu dibawa ke laboratorium, dengan membawa SonoCat ke lapangan, kinerja akustik dari bahan yang telah terpasang dapat diukur.